Bahaya copy-paste

sebenarnya sudah lama saya ingin menulis artike ini, tapi karna tak punya waktu banyak, dan waktu itu belum mengerti benar mengapa blogger-blogger memasang peringatan copas. Nah, mumpung ada kesempatan akhirnya saya bisa menuliskannya!

Ingatkah pada awal munculnya blogger atau wordpress, apa itu? Jika Anda seorang blogger yang lahir pada masa itu maka Anda selalu menyisipkan kata “dilarang copy-paste” atau “boleh copas asal cantumkan sumber!” atau sebagainya. Apa yang dimaksudkan blogger adalah ingin artikelnya yang dibuat tetap asli milik si blogger tersebut, tapi ada aja orang yang mengabaikan peringatan tersebut. alhasil apa yang saya takutnya ternyata terjadi! lihat gambar dibawah ini!

bahaya_kopas

Saat itu saya sedang mencari beberapa bahan materi untuk tugas kuliah, namun apa yang saya dapatkan dari Google ternyata…(sigh) APA-APAAN INI! (WTF!) isinya hanya sama beda judul, ada yang ada sumbernya ada yang tidak ada, ketika link sumber diklik malah 404 atau halaman sudah dihapus. yang menyedihkannya lagi kalo berkomentar disalah satu blog malah tidak ditanggapi, sungguh menyebalkan!

Dulu jarang ada artikel yang copas walaupun ada kesamaan isi dalam artikel, tetapi diunggah dengan bahasa mereka sendiri. Jadi bila tidak paham dengan bahasa pada blog si A maka bisa cari lagi dengan isi yang sama namun beda bahasa, yang tentunya bisa kita pahami. Selain itu ada interaksi antara admin dan pengunjung jadi blogging serasa lebih hidup!

Jadi berhentilah menjadi seorang copy-paste!

Iklan

Tinggalkan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s